Pages

Mar 1, 2015

Fuchsia atau Magenta?

Beberapa hari ini saya dipusingkan dengan urusan WARNA. Sebenarnya sepele dan harusnya tidak diambil pusing (seperti kebanyakan orang), tapi inilah saya yang suka penasaran. Kadang suka cari-cari sesuatu untuk dipusingkan. Halah..! (^_^)

Semua ini bermula saat mbak Ennita request sebuah box dengan warna err... bukan Pink bukan pula Ungu ataupun Merah! Bisa dibilang kombinasi antara ketiganya. Dia menunjukkan contoh sebuah warna yang diambil dari internet. Pas saya lihat menggunakan ponsel, dalam pikiran saya terbesit "oh itu pink Fanta". Tapi dalam bayangan mbak Ennita, Pink Fanta itu adalah Pink Neon. Dan saya justru tidak tahu seperti apa Pink Neon. (Payah kan?). Ya sudahlah sebut saja "warna 370", dari pada kelamaan bingung berjamaah dan kami pun sama-sama tidak punya kata sepakat untuk penamaan warna tersebut (yang penting order deal *matre mode ON).
Warna 370 adalah warna yang ditunjuk (print screen HP)
Warna paling kiri adalah warna yang diinginkan (prict screen HP)
Mungkin bagi beberapa orang yang kurang sensitif terhadap warna (seharusnya termasuk saya), tidak akan terlalu banyak ambil pusing. Tetapi bagi Saya yang tukang penasaran, permasalahan yang nampak sepele ini justru cukup mengusik dan harus mencoba mencari tahu. Browsing internet berjam-jam, membaca artikel tentang warna. (Makin mumet)

Warna memang sangat kaya dan beragam. Seingat saya pas jaman sekolah, guru menggambar saya pernah bilang kalau warna utama itu ada 3, merah, biru dan kuning. Wana sekunder seperti (ungu, oren, hijau) adalah hasil turunan (campuran) warna-warna primer dst. 

Namun, ternyata baru saya sadari ada berbagai istilah yang berbeda untuk setiap rona warna. Bahkan untuk rona warna yang mirip sekalipun bisa berbeda namanya. Warna tak hanya berkutat pada merah, kuning, hijau, biru, ungu  melainkan juga pada gradasi dari masing-masing warna tersebut dan masing-masing memiliki nama yang berbeda. (Pusing? Sama!)
Coba lihat tabel berikut ini
Tabel warna di Matlab di www.mathworks.com 
Nah, kembali ke "warna 370" yang jadi biang keributan. Sebenarnya "warna 370" tergolong warna apa? Sebelum saya belajar tentang aneka macam warna (dan hanya saya lihat lewat ponsel jadul), saya sebut itu pink fanta. Setelah sedikit membaca, saya berubah haluan dan menyebutnya Magenta (meskipun tak sepenuhnya yakin). Dan sedikit goyah lagi setelah membaca salah satu artikel bahwa Magenta itu sama dengan warna Fuchsia. (>_<)

Sebenarnya seperti apa warna Fuchsia? Fuchsia adalah warna yang merupakan kombinasi dari merah, pink, dan ungu. Nama ini sesungguhnya adalah warna dari sebuah jenis tanaman bunga bernama Fuchsia yang diambil dari nama penemunya yang merupakan seorang ilmuwan Jerman bernama Leonhart Fuchs.
Fuchsia Plant (wikipedia) 
Warna Fuchsia itu sendiri dibagi lagi menjadi beberapa turunan, yaitu :
Pale Fuchsia                    Pale Fuchsia
French Fuchsia               Fuchsia (Pourpre.com)
Fashion Fuchsia              Fashion Fuchsia
Fuchsia Rose                    Fuchsia Rose
Red Purple                       Red-Purple
Fuchsia purple                Fuchsia Purple
Crayola                              Fuchsia (Crayola)
Fandango                          Fandango
Antique Fuchsia              Antique Fuchsia
Redberry                          Redberry

Konon katanya warna Fuchsia itu warna yang  populer di dunia fashion (kok saya tak tau ya? *abaikan*). Saya pun akhirnya mencari tahu penggunaan warna Fuchsia di dunia fashion.
Fuchsia Dress - www.modcloth.com
Bagaimana dengan warna Magenta? Terkadang warna ini memang dianggap sama dengan warna Fuchsia karena kedua warna tersebut memiliki hex number #FF00FF. Tetapi pada kenyataanya warna Magenta lebih banyak mengandung unsur warna Ungu sedangkan warna Fuchsia lebih banyak mengandung unsur warna Merah.
Magenta Dress - www.modcloth.com 
Whoaaa... Mumet, pusing! Lalu kembali ke "warna 370", termasuk warna apa? Saya yang dari awal hanya melihat "warna 370" melalui layar ponsel jadul (dengan mata minus), masih saja ngeyel itu warna Magenta. Kemudian saya ingat kalau ada keterangan "warna akan menjadi berbeda jika dilihat dari layar monitor yang berbeda." Aha! Kemana saja saya? (>_<). Akhirnya saya cek menggunakan laptop. Nah, jadi begini penampakan "warna 370". (Saya tambah pusing)
Print Screen dari http://www.jjdavies.com.au/decorative-felts
Saya cocokkan kembali dengan tabel warna Matlab dan tabel warna yang ada di sini. "Warna 370" memiliki hex number #9A0A69 (saya cek di html-color-codes.info).
Ini pengamatan yang saya dapatkan
Menurut tabel warna Matlab, "warna 370" antara Medium Violet Red dan Dark Magenta
Menurut Cloford, "warna 370" cenderung ke Medium Violet Red
 Menurut Color Info, 'warna 370' adalah Vivid Magenta

Kesimpulannya ?
Menurut saya (sekali lagi menurut saya) dengan monitor laptop yang saya miliki (dan mata minus), Warna 370 saya nyatakan sebagai MAGENTA. Dan hal ini mungkin tidak berlaku dengan kondisi monitor anda.

Nah, cukup sekian pusing saya. Terbayarkan sudah rasa penasaran saya beberapa hari ini. Semoga tidak ada yang merasa ikutan pusing gara-gara saya. Hehe...

1 comment:

  1. Owhhh...begitu yahh,,,,!! berarti fuschia masih turunan dari magenta dong ?

    ReplyDelete

Speak up your mind ...