Pages

Mar 31, 2014

Rubik's Cube Box (part 2)

Hai hai... Jumpa lagi dengan kreasi flanel ya.. Rubik's Cube versi 2. Memang ini bukan 100% baru, ini hanya modifikasi versi lama. Versi pertama hanyalah sebuah box.  Lihat postingan sebelumnya di Rubik's Cube Box (part 1) 
Seperti halnya versi 1, saya siapkan dulu sebuah box berbentuk kubus. Bedanya, di bagian tutup saya beri lubang. Langkah selanjutnya masih tetap sama, box dihias menggunakan kain flanel.
Untuk membuat box Rubik's, saya lebih menyukai menggunakan box berbahan karton tebal yang saya buat sendiri.. Memang membutuhkan waktu lebih lama jika dibandingkan menggunakan box plastik yang banyak dijual dipasaran. Keuntungan dari box karton adalah kita bebas menentukan ukuran yang kita inginkan. Tetapi jika menggunakan box plastik ada kendala mengenai bentuknya. Agak susah mencari box plastik yang bentuknya benar-benar kubus (dengan ukuran ke enam sisinya sama).. 
Nah, karena ukuran box yang saya buat lumayan tinggi (± 12cm) maka box bisa dipakai untuk menyimpan tisu persegi ataupun tisu gulung. 

Mar 28, 2014

Rubik's Cube Box (part 1)

Rubik's Cube adalah sebuah puzzle 3D yang pertama kali ditemukan oleh seorang pematung dan profesor arsitektur berasal dari Hungaria, Erno Rubik. Rubik's Cube memiliki 6 sisi persegi dimana masing-masing sisi tersebut terdapat 9 stiker persegi. Warna stiker tersbut adalh putih, merah, biru, hijau, kuning dan oranye.
Oke, hari ini saya tidak akan membahas bagaimana cara supaya puzzle si Rubik's Cube bisa dipecahkan dengan tapat dan cepat. Saya akan membahas tentang box yang saya buat dengan bentuk seperti Rubik's Cube.

Sebagaimana diketahui, Rubik's Cube berbentuk kubus. Jadi saya siapkan sebuah box berbentuk kubus dengan ukuran 12x12x12 cm dan dilapisi dengan kain flanel warna hitam. Saya menyiapkan 'stiker' berbentuk persegi dengan warna putih, merah, biru, hijau, kuning dan ungu (sebagai pengganti warna oranye), masing-masing sebanyak 9 buah.
Di dalam model Rubik's Cube, warna putih disusun berlawanan arah dengan warna kuning. Warna biru berlawanan dengan warna hijau dan warna merah berlawanan dengan warna oranye. Sementara susuan warna merah, putih dan biru mengikuti arah jarum jam.

Rubik's Cube yang saya buat ini adalah versi acak. Dan untuk pertama kalinya, belum sesuai dengan kaidah aslinya. Saya mulai menempelkan tiap stiker warna tersebut menggunakan lem.
Setelah semua stiker warna terpasang secara acak mengikuti kaidah Rubik's Cube yang asli, hasilnya akan seperti ini.
Rubik's Cube Box dalam posisi terbuka

Rubik's Cube versi ini saya pastikan benar-benar mirip aslinya. Jadi seolah-olah jika box-nya bisa diputar, rasanya seperti sedang bermain memecahkan puzzle-nya. Tetapi saya ataupun anda tidak perlu pusing menyelesaikan puzzle ini. Biarkanlah mereka tetap seperti itu, aneka warna di setiap sisinya.


Anda tertarik memilikinya?