Pages

Mar 15, 2016

Seribu Bunga Untuk Fenny

Judulnya agak 'seram', ya. 1000 bunga, pasti terbayang bunga sebanyak itu untuk apa? Mandi kembang tengah malam? Tentu saja NO..!!

"Seribu Bunga" saya pilih untuk menggambarkan proyek dadakan (dan nekad) yang saya terima sekitar pertengahan Desember tahun lalu. Ya, sebenarnya angka 1000 kurang tepat, tapi cukup untuk mewakili ribuan kuntum bunga  flanel yang akan dirangkai menjadi 125 buket bunga. Nah, bisa dibayangkan capeknya, kan? 

Bunga sebanyak itu tidaklah mungkin sanggup saya kerjakan dengan kedua tangan saya dan harus selesai dalam waktu kurang dari 90 hari. Dengan kekuatan super dan full speed sekalipun tidak akan pernah bisa selesai tepat waktu. Saya sangat jarang (hampir tidak pernah) meminta bantuan asisten. Kondisi yang sangat mendesak, waktu yang terbatas dan Ibu saya sedang sakit, menjadi alasan Saya meminta bantuan tangan kedua, ketiga dan keempat. Ya. Ini proyek bersama...
Carnation - Matahari - "Gapit"
Lalu bunga apa saja yang harus dibuat? Ada bunga sejuta umat, bunga Mawar (merah dan pink), bunga Matahari, bunga Carnation dan sisanya Bunga "Gapit". Bunga yang terakhir saya sebutkan merupakan bunga fantasi, tidak ada wujud bunga aslinya. Kenapa namanya "Gapit"? Karena bentuknya hampir menyerupai cemilan ringan dengan rasa manis gurih bernama "Gapit". (Terbukti makanan memang memiliki kekuatan ajaib peyumbang ide dan mengarang itu indah. Haha..)
Persiapan pembuatan Bunga Matahari 
Proses pembuatan bunga flanel memang terlihat gampang, hanya seputar menggunting, menjahit/menempel, selesai. Lain cerita kalau harus menggunting kain lebih dari 40 Meter. Potongan kain yang manghasilkan  debu sangat kecil yang tanpa kita sadari atau kita rasakan membuat hidung bersin dan pernafasan terganggu, jika dilakukan tanpa memakai masker. Ditambah lagi 'kecelakaan' kecil seperti tertusuk jarum atau terkena lelehan lem panas. Punggung dan leher tidak kalah menderita saat harus berjam-jam diajak kerja. Sungguh ini perkerjaan ringan penuh resiko, tetapi kadang dianggap sepele dan sering tidak dihargai dengan harga setimpal. 😞
Sisa potongan kain flanel
Tidak ada yang sulit ketika sudah melewati proses pemotongan pola. Pembentukan bunga jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan menggerak kan gunting mengikuti pola yang ada. Penggabungan kelopak bunga menjadi satu bunga utuh bisa dilakukan dengan cara jahit ataupun lem, sesuai bentuk bunganya. Lumayan menguras tenaga untuk menghasilkan 800 Carnation, 800 Gapit, 750 Matahari dan kurang lebih 3000 Mawar. 
Bunga Matahari
Proses merangkai bunga menjadi sebuah rangkaian  bunga jauh lebih mudah dibanding merangkai kelopak menjadi sebuah  bunga. Dalam proyek ini, tidaklah terlalu pusing karena bunga cukup ditempel menggunakan hot glue, membulat mengikuti bagian tutup tempat tisu. 
Bunga Carnation selesai dirangkai
Bunga Mawar selesai dirangkai
Proses terakhir, bagian penting yang terkadang suka dilupakan/diabaikan karena faktor minimnya waktu adalah finishing dan quality control. Setelah proses produksi selesai dan sebelum produk dilepas ke konsumen, harus dilakukan proses pengecekan ulang dari tiap produk. Pastikan tidak ada sisa lem panas yamg belepotan dan pastikan semua bagian telah tersusun dengan tepat di tempatnya.
Quality Control
Dan buket bunga flanel (tempat tisu hias) selesai... Seperti ini hasilnya.. Mirip taman bunga, kan?



Alhamdulillah.. proyek "Seribu Bunga Untuk Fenny" berhasil kami selesaikan tepat waktu, tepatnya lebih cepat dari jadwal sebelumnya. Terima kasih untuk tim yang hebat (Akta, Maya dan Emy)

Teruntuk Fenny dan Chandra, selamat menempuh hidup baru. Semoga bunga-bunga kami dapat selalu mewakili kebahagiaan, keceriaan dan semangat kalian berdua..


4 comments:

  1. share pembuatan bunga nya dong sist.. :)

    ReplyDelete
  2. Gimana cara membentuk kelopak2 bunga mataharinya?

    ReplyDelete
  3. kak itu toples buat penyangga? trus di mawar pink ko ada lubang apa sengaja nggak diisi bunga mawarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon dibaca baik-baik, dan teliti, dari awal ya..
      Di sana sudah ada keterangan TEMPAT TISU, jadi kira-kira sudah tau kan, apa fungsi bagian yang BERLUBANG
      ...

      Mohom budayakan membaca dengan teliti... Thanks

      Delete

Speak up your mind ...